Beberapa Ayat Al Qur’an untuk direnungkan ~ Ta’lim dg Ustad Wahid Rahman, Rabu 6 Juni 2012 @ Jauhara Ramadhaniah

Alhamdulillah, hari ini bertemu lg dg pak Ustad Wahid dg pembahasan yg berbeda dr yang kemarin….

Kali ini beliau menyampaikan beberapa ayat utk kita renungkan, diantaranya adalah sbb:

QS Al AnBiya : 1
Telah semakin dekat kepada manusia perhitungan amal mereka, sedang mereka dalam keadaan lalai (dengan dunia), berpaling (dari akhirat).

QS Al Munafiqun : 10
Dan infakkanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum kematian datang kepada salah seorang diantara kamu; lalu dia berkata (menyesali), “Ya Tuhanku, sekiranya Engkau berkenan menunda (kematian)ku sedikit waktu lagi, maka aku dapat bersedekah dan aku akan termasuk orang2 yg saleh”.

QS Al Mu’minun : 99 – 100
99. (Demikianlah keadaan orang2 kafir itu), hingga apabila datang kematian kepada seseorang dari mereka, dia berkata, “Ya Tuhanku, kembalikanlah aku (ke dunia)”.

100.Agar aku dapat berbuat kebajikan yang telah aku tinggalkan. “Sekali-kali tidak! Sungguh itu adalah dalih yang diucapkannya saja. Dan dihadapan mereka ada barzakh sampai pada hari mereka dibangkitkan”.

QS Ali Imran : 14
Dijadikan terasa indah dalam pandangan manusia cinta terhadap apa yg diinginkan, berupa perempuan2, anak2, harta benda yg bertumpuk dlm bentuk emas dan perak, kuda pilihan, hewan ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yg baik.

QS Muhammad : 12
Sungguh, Allah akan memasukkan org2 yg beriman dan mengerjakan kebajikan ke dalam surga yang mengalir dibawahnya sungai2. Dan orang2 yg kafir menikmati kesenangan (dunia), dan mereka makan seperti hewan makan; dan (kelak) nerakalah tempat tinggal bagi mereka.

QS Al Hadid : 20
Ketahuilah, sesungguhnya kehidupan dunia itu hanyalah permainan dan sendagurauan, perhiasan dan saling berbangga diantara kamu serta berlomba dlm kekayaan dan anak keturunan, seperti hujan yg tanam-tanamannya mengangumkan para petani; kemudian (tanaman) itu menjadi kering dan kamu lihat warnanya kuning kemudian menjadi hancur. Dan di akhirat (nanti) ada azab yg keras dan ampunan dari Allah serta keridaanNya. Dan kehidupan dunia tidak lain hanyalah kesenangan yg palsu.

QS Yunus : 24
Sesungguhnya perumpamaan kehidupan duniawi itu hanya seperti air (hujan) yg Kami turunkan dari langit, lalu tumbuhlah tanaman2 bumi dg subur (karena air itu), diantaranya ada yg dimakan manusia dan hewan ternak. Hingga apabila bumi itu telah sempurna keindahannya, dan berhias, dan pemiliknya mengira bahwa mereka pasti menguasainya (memetik hasilnya), datanglah kepadanya azab Kami pada waktu malam atau siang, lalu Kami jadikan (tanaman)nya seperti tanaman yg sdh disabit, seakan2 blm pernah tumbuh kemarin. Demikianlah Kami menjelaskan tanda2 (kekuasaan Kami) kepada orang yg berpikir.

QS At Taubah : 24
Katakanlah, “Jika bapak-bapakmu, anak-anakmu, saudara-saudaramu, istri-istrimu, keluargamu, harta kekayaan yg kamu usahakan, perdagangan yg kamu khawatirkan kerugiannya, dan rumah2 tempat tinggal yg kamu sukai, lebih kamu cintai daripada Allah dan RasulNya serta berjihad di jalanNya, maka tunggulah sampai Allah memberikan keputusanNya”. Dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang2 fasik.

QS Al Munafiqun : 9
Wahai orang-orang yg beriman! Janganlah harta bendamu dan anak-anakmu melalaikan kamu dari mengingat Allah. Dan barangsiapa berbuat demikian, maka mereka itulah orang-orang yg merugi.

InsyaAllah bermanfaat…….