fbpx

Manfaat Buah Buahan dan Salad Buah

Manfaat Buah Buahan dan Salad Buah

Apa sih yang menjadi menu tambahan favorit anda saat makan siang atau makan malam? Puding? Kudapan? Atau minuman manis? Jika menu tambahan ini adalah favorit anda, perlu anda tahu bahwa hdangan-hidangan tersebut belum tentu baik untuk tubuh.

Nah, ada baik nya anda mengganti menu tersebut dengan hidangan aneka buah-buahan. Tahukah anda bahwa buah lebih baik untuk tubuh. Buah mengandung nutrisi yang baik diantaranya, vitamin, mineral dan serat serta ada juga buah yang mengandung lemak baik dan asam folat. Buah-buahan yang baik adalah yang segar dan tidak mengandung bahan kimia seperti pestisida. Jadi, itu artinya buah yang baik adalah buah organik.

Untuk mendapatkan buah segar dengan kualitas yang bagus, anda bisa membelinya di toko buah atau di perkebunan langsung. Mungkin ini agak sulit, tapi anda masih bisa membeli buah yang ada di supermarket. Memang sih, buah yang disupermarket rata-rata di simpan dalam lemari pendingin dalam waktu yang lama, jadi kualitasnya kurang bagus. Tetapi masih ada solusinya untuk mendapatkan buah yang bagus di supermarket. Pertama lihat bagian kulit luarnya, carilah yang tidak keriput. Kedua pilih buah di toko buah yang sudah “punya nama”. Toko buah ini tentunya sudah berpengalaman dalam memilih suplier buah-buahan yang bermutu baikk dan tentu saja dengan kualitas buah yang baik anda akan mendapatkan manfaat buah-buahan yang baik juga.

Untuk buah-buahan, banyak sekali cara yang bisa diterapkan. Dimakan langsung setelah di cuci bersih juga baik dan menyehatkan. Di blender dengan tambahan madu atau susu menjadi jus nikmat yang menyehatkan juga sangat baik. Atau dengan cara yang praktis seperti salad buah juga menyehatkan. Anda tinggal pilih cara yang menurut anda paling praktis. Tetapi semua cara ini tetap menghasilkan manfaat buah-buahan yang baik untuk tubuh Anda.

Namun untuk anda yang terlalu repot jika harus membuat jus buah, sebaiknya anda pilih salad buah saja. Salad buah hanya dibuat dengan cara yang cepat, buah cukup dicuci sampai bersih lalu dikupas kulitnya, dan di iri-iris sedemikian rupa agar lebih mudah dimakan. Anda bisa menambahkan campuran lain agar rasanya lebih nikmat. Misalnya, mayonise atau madu dan susu. Cukup satu mangkuk kecil dengan campuran aneka buah-buahan yang segar, maka anda akan mendapatkan manfaat salad buah untuk kesehatan tubuh.

Konsumsi buah-buahan yang rutin dan dengan di buat salad tentu akan mendatangkan sejuta manfaat bagi kesehatan tubuh. lalu bagai mana dengan manfaat salad buah untuk kesehatan? Berikut ini adalah beberapa manfaat salad buah untuk kesehatan yang wajib anda ketahui.

1. Untuk memenuhi asupan gizi
Karena tubuh kita sangat rentang dengan penyakit, maka asupan gizi pada makanan harus seimbang. Selain mengkonsumsi sayur dan karbohidrat, buah juga menjadi asupan yang wajib anda dapatkan setiap hari. Buah-buahan yang disajikan dengan menu salad buah akan mudah diserap oleh tubuh. Karena salad buah juga terbuat dari berbagai macam jenis buah, tentu banyak jenis vitamin dari buah-buahan yang akan anda dapat. Semakin lengkap vitamin yang di butuhkan oleh tubuh, maka asupan gizi akan seimbang. Belum lagi, salad buah yang mengandung vitamin ini akan membantu mempercepat pertumbuhan sel-sel tubuh yang rusak. Belum lagi vitamin pada buah-buahan akan menjadi imunitas sehingga anda lebih kecil terserang penyakit.

2. Untuk melancarkan pencernaan
Salad buah yang bermacam-macam akan berkhasiat untuk menjaga kesehatan alat pencernaan Anda. Karena hampir semua jenis buah mengandung serat yang sangat tiggi, maka serat ini akan membantu pencernaan lebih bekerja dengan maksimal. Serat, akan membawa sisa-sisa kotoran di dalam pencernaan sehingga dapat dikeluarkan. Dan ini tentu akan mengurangi resiko sembelit. Belum lagi, serat pada buah-buahan memiliki daya ikat untuk melarutkan dan menggumpalkan lemak jenuh, sehingga dapat dikeluarkan bersamaan dengan kotoran. Cobalah anda mengkonsumsi salad buah setiap hari, maka siklus buang air besar anda lebih lancara, setidaknya di pagi hari anda akan mudah buang air besar. Karena buang air besar pada pagi hari inilah waktu yang menandakan perncernaan anda sehat.

3. Mengakal radikal bebas
Seperti yang kita ketahui, sudah banyak artikel mau pun jurnal kesehatan membuktikan bahwa buah sangat baik untuk dijadikan penangkal radikal bebas. Radikal bebas adalah pemicu tumbuhnya sel kanker atau tumor pada tubuh manusia. Radikal bebas ini berada secara bebas di udara yang dapat masuk kedalam tubuh dan merusak sel-sel tubuh. Oleh karena itu, dianjurkan untuk mengkonsusmsi salad buah yang dibuat dari berbagai jenis buah-buahan segar. Karena kandungan vitamin seperti vitamin C dan E yang terdapat di dalam buah dapat menangkal senyawa berbahaya ini. Kemapuan kandungan vitamin dan anti oksidan buah lebih baik dari suplemen antioksidan.

4. Melancarkan sirkulasi darah
Manfaat yang satu ini juga bisa didapat dari salad buah. Anda bisa memanfaatkan beberapa jenis buah yang sifatnya dingin. Diantaranya semangka, timun dan melon dan bengkoang. Campuran buah-buahan ini bisa dinikmati dengan tambahan sedikit mayonise. Manfaatnya dapat memperlancar peredaran darah dan sangat baik untuk mengurangi tekanan darah tinggi.

5. Meningkatkan kesuburan
Banyak ahli medis atau spesialis kadungan menyarankan wanita hamil dan pria untuk rutin mnegkonsumsi beberapa jenis buah. Antara lain, buah delima, alpukat, tomat dan jambu untuk dijadikan salad. Salad dari buah-buahan ini dapat meningkatkan kesuburan wanita dan pria. Hal ini karena buah-buahan tersebut mengandung vitamin C seperti yanga ada di dalam buah tomat dan jambu dan Vitamin E alami yang ada di alpukat yang menyuburkan. Dengan mengkonsusmsi salad buah ini akan meningkatkan kesuburan pada rahim wanita. Sementara bagi pria, dapat membantu meningkatkan produksi sperma dan hormone testosteron.

Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, salad buah juga sangat baik untuk kecantkan anda. Tidak heran kalau saat ini banyak salon-salon atau klinik kecantikan menggunakan buah-buahan sebagai masker wajah. Tapi mungkin masker wajah masih dinilai ribet dan hampir tidak ada waktu bagi anda yang sibuk untuk menggunakannya. Oleh karena itu salad buah bisa dijadikan alternative yang tepat. Manfaat salad buah untuk kecantikan bisa anda rasakan setelah mengkonsumsi secara rutin.

Lalu bagai mana lebih jelas nya mengenai manfaat salad buah untuk kecantikan ini? berikut ini adalah beberpa manfaat salad buah untuk kecantikan yang harus anda ketahui.

1. Membantu peremajaan kulit
Buah yang diketahui memiliki berbagai jenis vitamin tentu baik sekali untuk kulit. Seperti vitamin C pada jeruk, apel, tomat, jambu dan sebagainya jika dikonsumsi akan membantuk regenerasi kulit yang sudah mati. Dengan demikian, kulit anda akan tampak cerah dan lebih bersih.

2. Melembabkan kulit
Salad buah yang menggunakan campuran alpukat dan jenis buah-buahan yang mengandung Vitamin E alami dapat meningkatkan kelembaban kulit. Sehingga kulit tidak kering dan selalu kejal, tidak keriput dan mudah membentuk melanin.

Itulah beberapa manfaat buah-buahan yang bisa disajikan dalam bentuk salad buah yang bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan anda. Jangan lupa untuk mengkonsumsi salad buah setiap hari ya!!

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp chat